Najmulhayah's Blog

Dokter vs Mal praktek..

Posted on: Juni 16, 2009

Dokter vs Mal Praktek

Teman-teman pernah denger nggak isu-isu mal praktik yang sekarang lagi heboh-hebohnya menimpa para dokter di Indonesia . Tapi apa iya, banyak dokter-dokter yang tega melakukan perbuatan jahat itu?? Apa benar semua yang diisukan akhir-akhir ini adalah memang sebuah Mal Praktik??

Isu Mal Praktik yang banyak beredar saat ini, banyak menimbulkan permasalahan antara pihak dokter atau Rumah Sakit dan Pihak pasien dan keluarganya. Keluarnya tuduhan Mal Praktik dari pasien kepada dokter, tentu disebabkan oleh berbagai factor pemicu. Di antaranya karena adanya hasutan dari orang-orang yang berusaha mencari keuntungan pribadi dari ketidakfahaman pasien akan arti dari Mal Praktik itu sendiri, ataupun karena rasa tidak ikhlasnya pasien menerima apa yang telah terjadi pada dirinya.

Karena itu,sebelum mengambil kesimpulan sendiri, sebenarnya sejauh apa sih kita memahami istilah Mal Praktik tersebut?? Mal Praktik itu terdiri dari 2 kata: Mal yang artinya salah, dan praktek yang artinya Pelaksanaan atau tindakkan. Jadi secara harfiah, Mal Praktek adalah Pelaksanaan atau Tindakkan yang salah.

Sesuatu bisa di katakan Mal Praktik, apabila tidak di jalankan sesuai prosedur yang telah di tetapkan. Jadi kalau seorang dokter telah menangani pasien semaksimal mungkin sesuai dengan prosedur, tapi tidak memberikan kesembuhan bagi pasien, apa bisa hal tersebut dinamakan Mal Praktik?? Lalu dikemanakan takdir Tuhan?? Takdir Allah SWT??

Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang sangat kompleks, karena merupakan ilmu tentang tubuh manusia yang banyak sekali di kelilingi oleh oleh rahasia yang belum bias di ketahui. Hanya 5% dari tubuh manusia yang telah diteliti dan diketahui oleh para dokter,sedangkan sisanya hanya Allah yang tau.

Namun sebagian masyarakat banyak yang menganggap bahwa seorang dokter harus mampu menyembuhkan pasien-pasiennya . Padahal dokter hanya berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi penderitaan pasien dengan sedikit ilmu yang mereka miliki., sedangkan keputusan final hanya ada di tangan Allah. Jadi pahamilah,bahwa dokter itu bukan Tuhan, Dokter hanya perantara Allah untuk membantu menyembuhkan orang-orang yang sakit.


Iklan

1 Response to "Dokter vs Mal praktek.."

Great post! I’ll subscribe right now wth my feedreader software!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Assalamualaikum wrwb…

Ahlan wa Sahlan ya Akhi, ya ukhti... semoga bisa bermanfaat untuk semuanya^^

demi masa

Juni 2009
S S R K J S M
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Nutrisi Jiwa

Allah tak pernah menjanjikan hari-hari kita berlalu tanpa sakit,berhias tawa tanpa kesedihan,senang tanpa kesulitan.. Tetapi Allah menjanjikan kekuatan kepada kita,untuk dapat melewatnya, selama kita ber-husnuzan kepadaNya..

Status

berusaha sabar dan ikhlas^^..
Iklan
%d blogger menyukai ini: