Najmulhayah's Blog

Archive for Juni 2009

Tercatat sudah dalam sejarah,, (Q.S Ali-Imran dan Q.S Maryam..)

إن الله اصطفى آدم ونوحا وآل إبراهيم وآل عمران على العالمين

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),”

ذرية بعضها من بعض والله سميع عليم

“(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

إذ قالت امرأة عمران رب إني نذرت لك ما في بطني محررا فتقبل مني إنك أنت السميع العليم

(Ingatlah), ketika istri Imran berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitulmakdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

فلما وضعتها قالت رب إني وضعتها أنثى والله أعلم بما وضعت وليس الذكر كالأنثى وإني سميتها مريم وإني أعيذها بك وذريتها من الشيطان الرجيم

Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.”

فتقبلها ربها بقبول حسن وأنبتها نباتا حسنا وكفلها زكريا كلما دخل عليها زكريا المحراب وجد عندها رزقا قال يا مريم أنى لك هذا قالت هو من عند الله إن الله يرزق من يشاء بغير حساب

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.

هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لي من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

Di sanalah Zakaria mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

فنادته الملآئكة وهو قائم يصلي في المحراب أن الله يبشرك بيحيى مصدقا بكلمة من الله وسيدا

Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang shaleh.”

قال رب أنى يكون لي غلام وقد بلغني الكبر وامرأتي عاقر قال كذلك الله يفعل ما يشاء

Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan istriku pun seorang yang mandul?” Berfirman Allah: “Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya”.

قال رب اجعل لي آية قال آيتك ألا تكلم الناس ثلاثة أيام إلا رمزا واذكر ربك كثيرا وسبح بالعشي والإبكار

Berkata Zakaria: “Berilah aku suatu tanda (bahwa istriku telah mengandung)”. Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari”.

وإذ قالت الملائكة يا مريم إن الله اصطفاك وطهرك واصطفاك على نساء العالمين

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).

يا مريم اقنتي لربك واسجدي واركعي مع الراكعين

Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.

ذلك من أنباء الغيب نوحيه إليك وما كنت لديهم إذ يلقون أقلامهم أيهم يكفل مريم وما كنت لديهم إذ يختصمون

Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

إذ قالت الملآئكة يا مريم إن الله يبشرك بكلمة منه اسمه المسيح عيسى ابن مريم وجيها في الدنيا والآخرة ومن المقربين

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),

ويكلم الناس في المهد وكهلا ومن الصالحين

dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa,dan dia termasuk di antara orang-orang yang shaleh.”

قالت رب أنى يكون لي ولد ولم يمسسني بشر قال كذلك الله يخلق ما يشاء إذا قضى أمرا فإنما يقول له كن فيكون

Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.

ويعلمه الكتاب والحكمة والتوراة والإنجيل

Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

فحملته فانتبذت به مكانا قصيا

Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.

فأجاءها المخاض إلى جذع النخلة قالت يا ليتني مت قبل هذا وكنت نسيا منسيا

Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”.

فناداها من تحتها ألا تحزني قد جعل ربك تحتك سريا

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.

وهزي إليك بجذع النخلة تساقط عليك رطبا جنيا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

فكلي واشربي وقري عينا فإما ترين من البشر أحدا فقولي إني نذرت للرحمن صوما فلن أكلم اليوم إنسيا

Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini”.

فأتت به قومها تحمله قالوا يا مريم لقد جئت شيئا فريا

Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.

يا أخت هارون ما كان أبوك امرأ سوء وما كانت أمك بغيا

Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,

فأشارت إليه قالوا كيف نكلم من كان في المهد صبيا

maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?”

قال إني عبد الله آتاني الكتاب وجعلني نبيا

Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.

وجعلني مباركا أين ما كنت وأوصاني بالصلاة والزكاة ما دمت حيا

dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

وبرا بوالدتي ولم يجعلني جبارا شقيا

dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

والسلام علي يوم ولدت ويوم أموت ويوم أبعث حيا

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

ذلك عيسى ابن مريم قول الحق الذي فيه يمترون

Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

ما كان لله أن يتخذ من ولد سبحانه إذا قضى أمرا فإنما يقول له كن فيكون

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.

وإن الله ربي وربكم فاعبدوه هذا صراط مستقيم

Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.


Sepenggal kisah tentang perjalanan hidup siti Maryam, Nabi Yahya a.s dan Nabi Isa a.s.. Sepenggal sejarah yang akhirnya membuat ibu aku milih nama itu untuk anak2nya.. Maryam dan Yahya.. dengan sejuta harapan, anak2nya bisa mengikuti kesucian mereka, kesabaran mereka, dan ketaatan mereka kepada Allah SWT.. Amiin.. semoga kita ga ngecewain umi yah 🙂

Iklan

Kemarin di tag suatu tulisan sama teh Putri Nadya, tentang bidadari..

Isinya kurang lebih seperti ini :

..untuk lelaki (suami) yang beriman..mukmin…dan soleh..telah disiapkan 72 bidadari solehah di surgaNYA
..dan para bidadari tersebut mendoakan untuk suaminya itu..’ya 4WI..jagalah hatinya..berikanlah keteguhan padaNYA..lindungilah ia agar selalu mencintaiMu..jagalah dalam segala urusannya dan jadikanlah ia seorang yang beriman…’–>nb:afwan lupa teks hadistnya tapi ya intinya begitu lah..

lalu kadang kala..bidadari itu selalu mengintip dari surga ke arah dunia untuk melihat suaminya …
dengan tersipu malu bidadari surga itu selalu mendoakan suaminya itu…

lalu suatu ketika, bidadari tersebut melihat istri dari suaminya itu menyakiti hati suaminya itu…bidadari itu berdoa…

…………….
‘Ya..4WI…jagalah hati suamiku ini…dan sungguh pada dasarnya ia hanyalah sebuah kesemuan, ia bukanlah apa-apa di dunia ini, dia bukanlah keabadian..sungguh akulah yang abadi..maka celakalah orang yang telah menyakiti suamiku ini’

………………

jadi teringat  ada teman saya juga yang pernah cerita tentang hal ini, dan beliau juga mengaku sangat cemburu dengernya,,  kebetulan dia sudah menikah juga..

Waktu itu saya nggak bisa mengatakan apa-apa, hanya bisa memberikan senyuman hangat saya^^,,

Jujur  ketika saya membaca cerita itu, air mata saya pun terjatuh, membayangkan betapa banyaknya “saingan” yang akan saya hadapi..


Tapi dari  tulisan teh putnad tersebut, saya melihat ada salah satu komentar dari k’iyus (yang sebenernya saya juga blm kenal siapa,, maaf ya kang^^..), yang isinya sebuah tulisan atau surat mungkin, dari seorang ikhwan yang bernama Yayan, yang membuat saya kembali bersemangat, tulisan tersebut berjudul  “Kau tantang para Bidadariku”

Isinya seperti ini :


Seakan tak menyia-nyiakan waktu
Untuk memperoleh tempat terbaikNya…
Yang disediakan untuk para hamba terbaik
Kampung halaman kenikmatan tiada akhir
Bertemu Wajah Indah dan Agung
Kau kejar syarat duniawi untuk surgamu
Kau seriuskan pada setiap kewajibanmu
Kau tidak hiraukan sempurnanya hakmu
Kau persiapkan kehidupan anak-anakmu
Kau layani aku yang menjadi suamimu
Kau sempurakan ibadah demi cintaNya
Kau seriuskan dengan kerja profesimu
Kau kuatkan silaturahim sanak keluarga
Kau tunaikan amanah kepada tetangga
Kau ikut bela dan perbaiki masyarakat lemah
Kau aktifkan diri dalam perbaikan umat

Sayangku, kau tahu akan ada bidadari-bidadari surga
Yang mungkin bisa aku raih
Namun itu tidak membuatku terhibur…
Karena aku terpesona melihatmu
Karena kau adalah partner dalam keluarga da’wah
Karena kau adalah tempat berbagi cinta lahir dan batin
Karena kaulah yang harus jadi permaisuriku di surga kelak
Sayangku, kau tahu akan ada bidadari-bidadari surga
Yang mungkin bisa aku raih
Namun itu tidak membuatmu bergeming
Kau tantang para bidadariku dengan do’a dan sujudmu di keheningan malam
Kau tantang para bidadariku dengan zikir-zikirmu pagi dan petang
Kau tantang para bidadariku dengan getaran sukma ayat-ayatNya
Kau tantang para bidadariku dengan ketaatan kepadaNya
Kau tantang para bidadariku dengan pengorbananmu dalam amal
Kau tantang para bidadariku dengan hadirkan rumah surga
Kau tantang para bidadariku dengan akhlak dan senyum
Kau tantang para bidadariku dengan jaga diri dan jaga hati
Kau tantang para bidadariku dengan air mata kepedulian

Sayang, kaulah yang kuharap jadi bidadari di atas bidadari
Sayang, kuingin terus bersanding denganmu sampai ke maghligai istanaNya
Sayang, cintaku bukanlah cinta biasa, kalau kau yang memiliki ……
yang merindukanMu dan surgaMu

Yayan Suyanto

“Kau tantang para Bidadariku …”


Subhanallah, baca itu saya jadi terharu, dan bersemangat mungkin.. pengen suatu hari ada yang mengucapkan kata-kata itu pada saya.. tapi tentunya, saya juga harus introspeksi, apakah saya sudah layak untuk diperlakukan seperti itu.. Apakah diri saya sudah menggambarkan wanita di tulisan itu?

Ini memunculkan semangat saya untuk bisa perbaiki diri..

Ayo Ukhti,, jangan bersedih,, ayo bersama kita tantang para Bidadari itu..  Kita perbaiki diri kita, kita perkuat iman kita, kita sempurnakan amalan kita, kita ikhlaskan niat2 kita, kita berikan persembahan yang terbaik.. Agar bisa menjadi bidadari dunia dan juga bidadari di syurga-Nya kelak^^..


Jazzakillah teh putri, tulisannya:)..


Muhasabah Cinta

“Wahai Pemilik nyawaku,Betapa lemah diriku ini..

Berat ujian dari-Mu, Ku pasrahkan semua pada-Mu..

Tuhan, baru kusadar,  Indah 5 sehat itu..

Tak pandai aku bersyukur, Kini ku harapkan cintaMu..

Kata2 cinta terucap indah, Mengalir berzikir di kidung doaku..

Sakit yang kurasa biar jadi penawar dosaku..

Butir2 cinta air mataku, Teringat semua yang Kau beri untukku..

Ampuni khilaf dan salah slama ini, ya Ilahi..

Muhasabah cintaku

Tuhan, kuatkan aku Lindungiku dari putus asa..

Jika ku harus mati, Pertemukan aku dengan-Mu..


Lagi-lagi sebuah lagu bisa menjadi inspirasi buat aku,, lagu muhasabah cinta yang dialunkan oleh group nasyid edcoustic.. sebenernya,, mungkin bukan ini maksud sebenarnya dari terciptanya lagu tersebut, tapi nggak apa-apa kan mengambil sebanyak mungkin hikmah, dari setiap hal yang kita dengar?!

Iya, terkadang, kita selalu mengeluh, ketika kita mengalami rasa sakit.. entah itu sakit secara fisik, maupun ujian buat hati kita.. terkadang timbul pertanyaan, kenapa harus saya? Kenapa harus saya yang dapat cobaan ini? Kenapa nggak orang lain aja?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan itu ada 2.. yang pertama mungkin karena Allah tau kalau kita pasti kuat jalaninnya,dan kemungkinan orang lain nggak akan sekuat kita, mungkin Allah pengen nguji kekuatan iman kita.. karena pada dasarnya semakin kuat iman seseorang,maka akan semakin besar pula cobaannya..

Atau yang kedua sesuai dengan lagu ini, karena Allah pengen gugurin dosa-dosa kita lewat kesabaran kita lawan rasa sakit itu dengan ikhlas.. mungkin tanpa kita sadari banyak dosa yang telah kita lakukan, dan dosa itu nggak akan bisa di ampuni, kecuali kita bisa lewatin ujianNya dengan sabar dan ikhlas..

Karena itu, hadapilah sesakit apapun cobaan yang Ia berikan, hadapi dengan dzikir dan senyuman.. insyaAlah semuanya bisa mengurangi beban yang akan kita tanggung di hari pembalasan kelak.. Terus bangkit dan kokohkan jiwa kita, dan yakinlah di setiap kesulitan ada kemudahan,, dan yakin pulalah bahwa Allah tidak akan menguji hambanya di luar batas kesanggupanNya.. Itu janji Allah..

Semoga kita senantiasa jadi hambaNya yang kuat, yang dapat lulus melewati setiap ujian hidup yang Dia berikan. Sehingga kita mendapatkan nilai terbaik kelak di akhirat^^..

Tulisan ini, aku persembahkan buat sahabat terbaik aku, yang telah banyak mengajari aku,termasuk dalam membuat tulisan seperti ini.. Semoga Allah bisa mengampuni dosa-dosa kita, dan menjadikan kita insan yang lebih tangguh lagi..

Mungkin hingga 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau mungkin 4 tahun lagi,, semoga kesabaran itu akan tetap ada^^..


Sudah pantaskah aku untuk mengeluh??

Pernah suatu ketika, ketika banyak sekali amanah yang datang bermunculan di waktu yang sama, saya   merasa sangat penat dengan semua amanah yang saya hadapi.. Merasa sangat jenuh dan rasanya ingin sekali berdiam diri sejenak, mengistirahatkan jiwa yang terasa lelah..


Namun di saat itu, saya kembali teringat dengan materi yang pernah saya dapatkan ketika sedang mengikuti Liqa rutinan saya, murrobi saya membahas masalah Jihad. Subhanallah, saya jadi malu ketika mengingat kembali materi itu,, mengingat sudah seberapa besarkah pengorbanan yang saya berikan untuk agama Allah ini?! Mungkin masih jauh di bawah rata-rata perjuangan sahabat-sahabat lain..


Memang pada dasarnya, semua yang kita lakukan dalam hidup ini, sudah seharusnya diniatkan untuk berjihad di jalan Allah, harus dengan tujuan menegakkan kalimat-kalimat Allah. Tapi sudah seberapa dalamkah tujuan itu tertanam dalam diri kita? Dalam kehidupan kita? Dalam setiap langkah hidup kita? Sudah seberapa besarkah pengorbanan yang kita berikan, sehingga kita merasa pantas untuk mengeluh, untuk merasa jenuh?! Sangat teramat tidak pantas!!


Ada 3 hal yang harus kita lakukan apabila kita melihat kemungkaran di depan mata kita, dan hal yang terakhir adalah selemah-lemahnya iman.. Pertama dengan lisan yaitu menegur secara langsung, yang kedua dengan perbuatan atau kekuasaan seperti berperang di jalan Allah, dan yang terakhir dengan hati yaitu doa yang kita panjatkan.. Semoga Allah selalu memberi kita kekuatan untuk bisa melaksanakan kewajiban itu.


“ Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-arang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah , sehingga mereka terbunuh atau membunuh, sebagai janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur’an. Dan siapa yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikin itulah kemenangan yang agung..”


“ Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, beribadah, memuji Allah, mengembara demi ilmu dan agama , rukuk, sujud, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembiralah orang-orang yang beriman…”


Keimanan yang tulus, Keistiqamahan dan kesabaran dalam melakukan perdagangan dengan Allah, dan tidak mudah mengeluh adalah syarat yang harus dimiliki oleh orang-orang yang hendak berjihad di jalan Allah.. Kalau dibandingkan dengan kisah-kisah orang lain , perjuangan mereka, pengorbanan mereka, mungkin saya bukanlah apa-apa di mata Allah.. saya nggak mau ketinggalan dari orang-orang itu, saya juga ingin melakukan perdagangan itu.. perdagangan yang tidak akan pernah membuat saya rugi..


Untuk itu,saya tidak boleh mengeluh, saya harus kembali menata diri, mempersembahkan yang terbaik untuk memenangkan perdagangan tersebut. Menjadi bagian dari orang-orang yang Allah sebutkan itu.. Tidak ada kata lelah untuk Sebuah kemenangan yang Agung.. Saya tidak akan pernah berhenti sampai kemenangan itu dapat saya raih.. Insya Allah..


ya Allah,, terima kasih atas semua Nikmat yang tidak pernah berhenti mengalir, Jadikanlah diri ini hamba yang senantiasa bersyukur.. Jangan biarkan hidayah ini pergi dan keimanan ini luntur.. Jauhkanlah hamba dari apa-apa yang tidak Engkau Ridhai..


Beliau juga berpesan agar aku bisa jadi lebih dewasa, dan lebih bisa menyeimbangkan lagi seluruh aktivitas aku.. sesibuk apapun aku,, kuantitas dan kualitas ibadah tidak boleh dikorbankan.. Teteh,, aku sayang teteh,, selalu ada kata-kata yang tepat di saat yang tepat. Mudah-mudahan seluruh aktivitas yang aku lakukan tidak mendzalimi hak Penciptaku atas diriku..


photo 2


Sing Hade Hate, Perjalanan menuju Kedewasaan..

photo 1

Bikin Bivak sendiri, hujan-hujanan, dingin, baju lembab semua, banyak binatang, digigit lintah, dan lain sebagainya.. Kalau dibayangkan sih,  kayaknya itu bukan aku banget .. aku yang alergi dingin, aku yang  takut binatang, aku yang nggak biasa hidup di alam, aku yang gampang cape, aku yang manja, aku yang tidur aja masih pengen ditemenin, makan aja kadang masih disuapin sama ibu aku, disuruh melakukan hal kayak gitu?! kalau cuma difikir-fikir sih kayaknya itu hal yang nggak mungkin banget aku jalanin.

Tapi ternyata  setelah coba di jalanin dan coba diberaniin, aku bisa juga hadapin itu semua. Walaupun susah minta izinnya, walau sampai diledekin sama ibu aku “Masa anak manja mau di ajak camping?!”, walaupun sampai harus di anterin ke kampus sama ibu aku dan dilihatin perginya, walaupun sempet nangis di sananya, walaupun terus-terusan minta pulang pas disana,  akhirnya semuanya menjadi bagian dari hidup aku  juga.

photo 3

Tapi kayaknya, walaupun akhirnya aku berhasil jalanin itu semua, bagi aku, kegiatan seperti itu tetep aja bukanlah hal yang ingin aku ulang. Cukup sekali aja aku rasain itu, aku udah cukup puas kok^^.. Walaupun emang banyak banget pelajaran yang bisa aku ambil dari kegiatan itu, seperti respect, tepat waktu, bersyukur, mandiri, dan kesetaraan semua orang di mata Allah dan di mata alam, dan semua ilmu lain yang banyak menyadarkan aku di sana.

Sebenarnya, kegiatan berkemah dan hidup di alam itu hobi aku juga sih.. Waktu SMA aku ikut pramuka, dan aku suka banget ikut campingnya. Tapi camping yang tidur di tenda, yang bikin api unggun, yang tendanya tenda kecil buat ber-enaman, bukan camping yang harus bikin bivak sendiri pas hujan dan tubuh kita basah banget diguyur air hujan. Karena itu semua bikin aku menggigil dan aku emang dasarnya gak terlalu kuat kedinginan kayak gitu. Dan bukan juga camping yang aku sampai di gigit lintah^^… aku takut banget waktu itu..

photo 6

Tapi secara keseluruhan, aku juga seneng kok, bisa ngerasain acara ini, kapan lagi coba?! Banyak juga hikmah yang aku dapet. Hal yang paling banget aku sadarin di sini dan aku ambil pelajarannya adalah rasa Syukur. Aku sangat bersyukur aku punya rumah untuk berteduh, nggak usah masak dengan alat-alat kayak gitu, makanan udah tersedia, sumber air mudah, ke kamar mandi deket, dan banyak lagi yang harus aku syukuri.

Karena itu, aku harus lebih memanfaatkan hidup aku lagi. Hidup aku sudah sangat terfasilitasi, jadi aku harus lebih mengefektifkan lagi hidup aku. Aku harus lebih banyak berkarya dan menghasilkan prestasi. Jangan sampai hidup aku yang sudah sangat difasilitasi oleh orang tua aku, jadi sama artinya dengan orang yang harus membanting tulang membiayai hidupnya sendiri. Waktu dan tenaga lebih yang aku  punya harus lebih banyak aku manfaatkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

photo 22

Selain itu, aku juga harus lebih sering membuka mata melihat orang-orang yang tidak seberuntung aku, dan membuka mata hati aku untuk senantiasa membantu mereka yang memang butuh bantuan. Aku jadi pingin deh bikin sekolah gratis^^. Kayaknya bahagia banget kalau bisa ngajar orang-orang yang memang punya semangat dan keinginan yang tinggi untuk bisa belajar. Ya Allah semoga hidup aku bisa senantiasa bermanfaat untuk orang lain. Jadikanlah aku hamba yang senantiasa engkau Ridhai. Amiin..


n1231233769_365263_8050207


Dokter vs Mal Praktek

Teman-teman pernah denger nggak isu-isu mal praktik yang sekarang lagi heboh-hebohnya menimpa para dokter di Indonesia . Tapi apa iya, banyak dokter-dokter yang tega melakukan perbuatan jahat itu?? Apa benar semua yang diisukan akhir-akhir ini adalah memang sebuah Mal Praktik??

Isu Mal Praktik yang banyak beredar saat ini, banyak menimbulkan permasalahan antara pihak dokter atau Rumah Sakit dan Pihak pasien dan keluarganya. Keluarnya tuduhan Mal Praktik dari pasien kepada dokter, tentu disebabkan oleh berbagai factor pemicu. Di antaranya karena adanya hasutan dari orang-orang yang berusaha mencari keuntungan pribadi dari ketidakfahaman pasien akan arti dari Mal Praktik itu sendiri, ataupun karena rasa tidak ikhlasnya pasien menerima apa yang telah terjadi pada dirinya.

Karena itu,sebelum mengambil kesimpulan sendiri, sebenarnya sejauh apa sih kita memahami istilah Mal Praktik tersebut?? Mal Praktik itu terdiri dari 2 kata: Mal yang artinya salah, dan praktek yang artinya Pelaksanaan atau tindakkan. Jadi secara harfiah, Mal Praktek adalah Pelaksanaan atau Tindakkan yang salah.

Sesuatu bisa di katakan Mal Praktik, apabila tidak di jalankan sesuai prosedur yang telah di tetapkan. Jadi kalau seorang dokter telah menangani pasien semaksimal mungkin sesuai dengan prosedur, tapi tidak memberikan kesembuhan bagi pasien, apa bisa hal tersebut dinamakan Mal Praktik?? Lalu dikemanakan takdir Tuhan?? Takdir Allah SWT??

Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang sangat kompleks, karena merupakan ilmu tentang tubuh manusia yang banyak sekali di kelilingi oleh oleh rahasia yang belum bias di ketahui. Hanya 5% dari tubuh manusia yang telah diteliti dan diketahui oleh para dokter,sedangkan sisanya hanya Allah yang tau.

Namun sebagian masyarakat banyak yang menganggap bahwa seorang dokter harus mampu menyembuhkan pasien-pasiennya . Padahal dokter hanya berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi penderitaan pasien dengan sedikit ilmu yang mereka miliki., sedangkan keputusan final hanya ada di tangan Allah. Jadi pahamilah,bahwa dokter itu bukan Tuhan, Dokter hanya perantara Allah untuk membantu menyembuhkan orang-orang yang sakit.


Saat Aku lanjut Usia…


“Saat aku lanjut usia, Saat ragaku terasa tua

Tetaplah kau slalu disini, Menemani aku bernyanyi

Saat rambutku mulai rontok,Yakinlah ku tetap setia

Memijit pundakmu, hingga kau tertidur pulas

Genggam tanganku saat tubuhku terasa linu

Ku peluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu

Kita lawan bersama, Dingin dan panas dunia

Saat kaki tlah lemah , Kita saling menopang

Hingga nanti di suatu pagi, Salah satu dari kita mati

Sampai jumpa di kehidupan yang lain..

Saat perutku mulai buncit,Yakinlahku tetap terseksi

Tetaplah kau slalu menanti, Nyanyianku di malam hari

Genggam tanganku saat tubuhku terasa linu

Ku peluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu

Kita lawan bersama, Dingin dan panas dunia

Saat kaki tlah lemah ,Kita saling menopang

Hingga nanti di suatu pagi,Salah satu dari kita mati

Sampai jumpa di kehidupan yang lain..”


Lagu yang dinyanyikan oleh group band SO7 ini bener-bener bikin aku terharu dan membayangkan,, kayaknya Soo sweet banget kalau ada seorang kakek2 yang nyanyiin lagu ini buat istrinya.. lagu yang mencerminkan sebuah cinta abadi, yang bisa membawa mereka hingga usia yang lanjut.. cinta yang tentu saja Allah karuniakan pada mereka, dan mereka kelola dengan sangat indah,sehingga bisa terus bersemi dengan sangat baik dan tidak hilang di makan waktu..

Perasaan cinta itu adalah naluri dan anugrah yang Allah berikan pada setiap hambanya, tanpa kecuali.. namun cinta tersebut hanya bisa benar-benar menunjukkan keindahannya bila kita bisa menempatkannya sesuai dengan seharusnya..

Cinta tersebut akan selalu bersemi indah jika kita senantiasa melandaskan kecintaan kita itu pada kecintaan kita pada Allah,sehingga kita tidak sembarangan dalam memaknainya. Cinta yang terjadi sesuai dengan koridornya,sesuai dengan seharusnya, sesuai dengan waktunya yang telah Allah tetapkan masing-masing untuk setiap hamba-hambaNya.

Cinta karena Allah yang merupakan cinta tanpa karena, cinta yang menjadikan kita mencintai sesuatu apa adanya.. ketika dia jatuh miskin kita akan menemaninya dengan kesabaran, ketika ia jatuh sakit dan tdk bisa pulih kembali kita akan merawatnya dengan penuh ketulusan, ketika ia mulai keriput dan tdk tampak lagi keindahan di wajahnya,kita akan tetap melayaninya dengan penuh ketaatan, dan ketika ia terjerumus pada kesesatan,kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikannya ke jalan yang benar, bukan meninggalkannya begitu saja dengan dalih, dia sudah tidak shalih, maka saya tidak mencintainya lagi..

Cinta yang selalu dilandasi sikap ikhlas dan sabar, dilandasi sikap saling mamahami, cinta yang dilandasi keimanan, dan cinta yang benar2 ditujukan untuk melengkapi setengah agama dan meraih keridhaanNya,, tentu akan selalu Allah jaga pula, agar bisa selalu ada dan bertahan, sampai rambut mulai beruban, jalan mulai tak seimbang, ingatan mulai tak bisa di andalkan, bahkan hingga jiwa telah berpisah dengan raganya.. cinta itu akan tetap ada, hingga kita lanjut usia..



Assalamualaikum wrwb…

Ahlan wa Sahlan ya Akhi, ya ukhti... semoga bisa bermanfaat untuk semuanya^^

demi masa

Juni 2009
S S R K J S M
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Nutrisi Jiwa

Allah tak pernah menjanjikan hari-hari kita berlalu tanpa sakit,berhias tawa tanpa kesedihan,senang tanpa kesulitan.. Tetapi Allah menjanjikan kekuatan kepada kita,untuk dapat melewatnya, selama kita ber-husnuzan kepadaNya..

Status

berusaha sabar dan ikhlas^^..
Iklan